Minggu, 23 Jun 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas
TUTUP MENU

LOMBA TAHFIDZUL QUR’AN LPIT THARIQ BIN ZIYAD, SDIT JATIMULYA RAIH JUARA PERTAMA

Untuk kesekian kalinya LPIT Thariq Bin Ziyad pada Ramadhan 1444 H ini mengadakan kembali lomba Tahfidzul Qur’an internal yaitu antar siswa-siswi TKIT, SDIT, SMPIT dan SMAIT.

Lomba diadakan pada Sabtu, 8 April 2023 di Kampus SDIT Thariq Bin Ziyad Pondok Hijau Permai. Perlu diketahui bahwa LPIT Thariq Bin Ziyad yang membawahi Unit Presschool TKIT Thariq Bin Ziyad di Jatimulya, unit SDIT Thariq Bin Ziyad di Pondok Hijau Permai Rawalumbu Kota Bekasi dan unit SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Unit tingkat SMPIT dan SMAIT Boarding School atau lembaga berupa Pondok Pesantren berada di Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, sedangkan yang Full Day School SMPIT dan SMAIT nya berada di Jatimulya Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Pada lomba tingkat SDIT, delegasi unit SDIT TBZ Jatimulya yang dipimpin oleh PJ Tahsin dan Tahfidznya yakni Ust. Sholihin Efendi, S.Pd.I ternyata Alhamdulillah bisa meraih juara pada lomba tersebut.

Ayasha Qitarah Alethea, di level lomba kls 4-6 berhasil menjadi juara 1, sedangkan Aira jadi juara harapan 1, untuk level kelas 1-3 unit Jatimulya berhasil menjadi juara 3 atas nama ananda Ishana, sedangkan juara harapan 1 ananda Abory dan Hanania juara harapan 3.

Menurut keterangan dari Manajer Pengembangan Tahsin dan Tahfidz LPIT Thariq Bin Ziyad, Ustadz Efendy Lc, tujuan dari lomba Tahfidz tersebut adalah yang pertama untuk mencari bibit-bibit unggul siswa-siswi di LPIT Thariq Bin Ziyad yang memiliki kemampuan baik dalam menghafal Al-Qur’an, sedangkan yang kedua adalah dalam rangka menjalankan perintah Allah SWT di bulan Al-Qur’an ini yakni fastabiqul khairat atau saling berlomba-lomba dalam berinteraksi dengan Al-Quran.

Bentuk interaksi yang dimaksud adalah salah satunya yakni menghafalkan Al-Qur’an. Selain itu ada kemampuan lainnya yang dikembangkan di LPIT Thariq Bin Ziyad yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an atau Tahsin Al-Qur’an. Ustadz Efendi Lc, yang merupakan manajer pengembangan Tahsin dan Tahfidz LPIT Thariq Bin Ziyad merupakan pelanjut dari manajer pengembangan Al-Qur’an sebelumnya yaitu Alm Ust. Makmun Salman, M.Pd.I. Beliau telah dipanggil lebih dulu oleh Allah SWT pada masa Covid-19 sedang marak-maraknya satu atau dua tahun yang lalu.

Semoga Allah membalas amal baik beliau Alm Ust. Makmun Salman, M.Pd.I selama kiprahnya di LPIT Thariq Bin Ziyad dalam memajukan pendidikan Al-Qur’an. Salah satunya adalah dengan hadirnya Buku Metode Pembelajaran Al-Qur’an (Tahsin, Tahfidz, Tadarus, Ghorib dan Tajwid) sehingga bukunya bisa bermanfaat hingga sekarang ini.

Beliau selama hidupnya juga mempunyai cita-cita agar kemampuan Al-Qur’an terus menerus diperbaiki dan ditingkatkan dari mulai Tahsin (membacanya), Tahfidz (menghafalnya), Tafhim (pemahamanya) dan Tanfidz (pengamalannya). Demikian sekilas pengalaman penulis yang didapat saat berinteraksi dengan beliau. Wallahu’alam. [DM]

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR