Minggu, 23 Jun 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas
TUTUP MENU

SDIT THARIQ BIN ZIYAD DAN PUSKESMAS JATIMULYA SEPAKAT CIPTAKAN SEKOLAH YANG SEHAT

Dalam rangka meningkatkan status gizi anak sekolah dasar, Puskesmas Jatimulya bekerjasama dengan SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya melakukan pemberian obat cacing rutin enam bulan sekali kepada seluruh siswa dan siswi dari kelas satu sampai kelas enam. Kegiatan pertama sudah dilakukan pada tanggal 25 Agustus 2022 di Masjid Al-Quds sekolah SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya.

Kegiatan dilakukan oleh team kesehatan dari Puskesmas Jatimulya dimulai dengan sosialisasi, pengarahan materi dan praktek cuci tangan. Pembagian obat cacing kepada seluruh siswa dibantu oleh setiap wali kelas, sebelumnya ada pemberian dan makan obat cacing secara simbolis oleh perwakilan level kelas masing-masing.

Sehari sebelumnya siswa diarahkan dan diingatkan untuk sarapan terlebih dahulu, meskipun sarapan sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, namun kadang masih ada siswa yang suka belum sarapan. Sarapan pagi merupakan bagian dari cara dan ikhtiar kita untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jika kita tidak puasa, demikian arahan salah seorang wali kelas di hadapan para siswanya.

Pada kesempatan itu pihak sekolah dan puskesmas sepakat bahwa menciptakan sekolah yang sehat karena setelah bencana kesehatan pandemi Covid-19 melanda, isu kesehatan masih tetap harus menjadi kewaspadaan, demikian arahan kepala sekolah dalam sebuah kesempatan. Ikhtiar menciptakan sekolah yang sehat terus digalakkan oleh sekolah, mulai dari arahan untuk melakukan vaksin bagi guru dan tenaga kependidikan, pemberian vitamin dan madu, serta pembersihan lingkungan sekolah secara berkala.

Termasuk pembersihan AC yang ada di kelas-kelas dan seluruh ruangan yang ada di sekolah, kegiatan rutin harian menyapu dan mengepel lantai serta penyemprotan disinfektan tiap hari juga dilakukan.Pembersihan dan pengecekan saluran air, mesin pompa air yang digunakan saat musim penghujan, serta pengelolaan sampah basah, sampah kering, sampah organik dan anorganik.

Selain itu di SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya setiap sebulan sekali diadakan olahraga bersama yakni senam masal, seluruh siswa-siswi dari kelas satu samlai enam, serta guru dan karyawan diharuskan ikut serta dalam olahraga bersama.

Menghadapi Hari Olahraga Nasional 2022 tak ketinggalan POMG (Komite Sekolah) juga menggelar lomba beberapa jenis olahraga untuk guru, orangtua dan karyawan, karena mereka menyadari bahwa olaharaga juga menjadi bagian dari ikhtiar menciptakan hidup sehat dan sekolah yang sehat. [DM]

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR