Jumat, 12 Jul 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas
TUTUP MENU

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 18-20 Juli 2022

MPLS

6 NASEHAT IMAM SYAFI’I DI PEMBUKAAN MPLS SDIT THARIQ BIN ZIYAD JATIMULYA

Kecerdasan, keceriaan, semangat, kesungguhan, kesabaran, adanya guru dan waktu yang cukup terlihat sangat di acara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya, yang berlangsung di hari pertama masuk sekolah hari ini (18/07/22). Kegaiatan MPLS kali ini adalah kegiatan yang pertama kalinya diadakan secara luring pasca pandemi Covid-19, karena selama dua tahun berturut MPLS dilakukan dengan daring atau online.

Kegiatan MPLS akan berlangsung selama tiga hari ke depan (18-20 Juli 2022). Kegiatan MPLS tahun ini diisi dengan beragam kegiatan, mulai dari muhadhoroh, perkenalan dengan siswa-siswi baru kelas 1, perkenalan wali kelas,bidang studi dan struktur sekolah, sosialisasi peraturan dan tata tertib sekolah, pembentukan struktur dan pemiliha ketua kelas, perkenala Ekskur, Bina Pribadi Islami serta tidak keringgalan adalah kontrak belajar atau kesepakatan belajar.

Dalam sambutan serta nasehat MPLS nya, Kepala SDIT Thariq Bin Ziyad menyampaikan 6 bekal penting untuk pelajar dari Imam As-Syafii.

Salah satu kitab yang populer tentang pendidikan dan adab di lingkungan pesantren adalah kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Syekh Az-Zarnuji.

Kitab tersebut berisi nadzam (syair dan doa) tentang bagaimana seseorang dapat menuntut ilmu dengan diiringi adab. Salah satu bunyi petikan nadzam kitab tersebut yakni:

أَخي لَن تَنالَ العِلمَ إِلّا بِسِتَّةٍ سَأُنبيكَ عَن تَفصيلِها بِبَيانِ ذَكاءٌ وَحِرصٌ وَاِجتِهادٌ وَبُلغَةٌ وَصُحبَةُ أُستاذٍ وَطولُ زَمانِ

“Akhi Ala la tanalul ilma illa bi sittatin, sa-unabbiuka ‘an-tafshili’iha bibayanin. Dzaka-in wa hirtsin wa-sthibarin wa bulghatin. Wa irsyadi ustazin wa thuli zamanin.”

Yang artinya: “Syarat mendapatkan ilmu itu ada enam. (Yakni) cerdas (sehat akal), rakus yaitu rakus dalam menyerap ilmu-ilmu, bersungguh-sungguh, cukupnya modal (harta, kemampuan, dan usaha yang keras), guru yang mengajarkan, dan waktu yang lama.”

Di tahun ajaran baru 2022-2023 ini, keluarga besar LPIT Thariq Bin Ziyad juga mendapatkan kado mars baru yaitu Mars A3B, maka di momentum MPLS kali ini menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan mars tersebut. Seperti saat pagi tadi siswa-siswi hadir, sudah disambut dengan Mars A3B dari audio yang disiarkan oleh sekolah. [DM]

KELUAR