Kamis, 18 Apr 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas
TUTUP MENU

MANDIRI, SHALEH DAN CERDAS BERSAMA TSSC SDIT TBZ JTM

Pada saat jam menunjukan pukul 06.30 halaman parkir Masjid Raya Jatimulya mulai ramai dengan kedatangan peserta TSSC Kelas 5 & 6 SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya. Pagi itu adalah Jumat, 8 September 2023 mereka akan menuju lokasi TSSC yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh panitia. Lokasinya cukup jauh dan melewati pemandangan yang indah yakni Jalan Raya Puncak tepatnya di Taman Piknik Ciloto Cianjur Jawa Barat. Selama perjalanan dari Bekasi via jalan Tol Jagorawi Bogor sampai dengan lokasi, di Cianjur Alhamdulillah berjalan lancar. Hanya ada beberapa anak saja yang mual-mual hampir muntah seperti di tronton ke-6 yang disebabkan karena jalan berkelak-kelok di jalan raya Puncak baik pada waktu naik ke Puncak Pass maupun pada saat turun dari Puncak Pass ke arah Cianjur.

Pembukaan acara TSSC tahun ini yang bertema “Mandiri, Shaleh dan Cerdas”, dilakukan di lokasi acara, dan langsung dibuka oleh Ibu Kepala SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya yaitu Ibu Novita Mayasari, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya sikap dan rasa serta beragam wujud syukur kita atas nikmat-nikmat dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Ikut serta dalam kegitan TSSC kali ini adalah salah satu contoh wujud syukur kita kepada-Nya.

Menurut beliau TSSC kali ini adalah kesempatan bagi seluruh peserta untuk membuktikan bahwa seluruh siswa-siswi SDIT Thariq Bin Ziyad selalu dibekali bukan hanya berupa teori di kelas tapi praktek di luar kelas, di alam terbuka yang indah seperti tempat kita mengadakan TSSC ini. Oleh sebab itu ikuti seluruh rangkaian acaranya, lakukan dengan penuh semangat agar Kemandirian, Kesholehan dan Kecerdasan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Lakukan dengan disiplin, tetap menjaga shalat wajib dan ibadah sunah lainnya serta selalu kompak dan bekerjasama dalam kelompok atau regu masing-masing. Apalagi dalam acara TSSC ini ada acara haflah yang menampilkan yel-yel regu masing-masing dan atraksi yang menunjukan kinerja dan keterampilan masing-masing regu.

Karena pertimbangan waktu dan acara, shalat Jumat pada saat TSSC diganti dengan Shalat Jama Takdim (Shalat di waktu awal) dan Qoshor (Shalat diringkas), hal ini karena jarak safar (perjaanan) yang ditempuh telah memenuhi syarat Fiqih diadakanya shalat Jama dan Qoshar. Sesi acara yang menyedot waktu banyak, perhatian serta konsentrasi peserta di hari pertama adalah outbound, sedangkan di malam harinya adalah haflah. Sementara sebelum tidur seluruh peserta diajak untuk muhasabah, dalam kondisi lampu dimatikan mereka diajak keliling lokasi dalam keadaan tutup mata selanjutnya diberikan wejangan atau nasehat dari para panitia dan pembina.

Pada hari kedua yaitu Sabtu, 9 September 2023, kegiatan diawali dengan bangun untuk qiyamulla, dilanjutkan shalat subuh berjamaah, olahraga pagi, sarapan dan perjalana menyusuri sungai sesuai rute atau jalur yang telah ditentukan oleh panitia. banyak spot-spot yang menarik perhatian peserta TSSC saat melewati “jalan setapak” di kebun dan lahan petani, sehingga mereka tahu yang namanya gunung, lembah, sungai, pepohonan, seperti pohon sawi putih, kopi, alpukat, dan aneka sayuran dan tanaman lainnya, ini tidak lain adalah pengalaman dan pembelajaran langsung dari alam raya sekitar kita. Sampai akhirnya upacara penutupan, shlat jama taqdim dan qoshar dzuhur serta ashar, dan pukul 14.00 mereka pulang kembai ke Bekasi dengan tronton TNI yang gagah dan penuh wibawa, membawa generasi Thariq Bin Ziyad Jatimulya kebanggan sekolah dan orangtua, mereka diharapkan menjadi generasi yang Mandiri, Shaleh dan Cerdas. Wallau ‘alam. [DM]

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR