Minggu, 23 Jun 2024
  • SDIT Thariq Bin Ziyad Membangun Pribadi Shaleh & Cerdas
TUTUP MENU

Guru Al Qur’an SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya Pantang Berhenti Belajar

Pasti pembaca sekalian pernah mendengar hadits nabi yang berbunyi: اطلب العلم من الهد الى اللحد yang artinya “Tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat” atau hadits yang kedua yaitu: طلب العلم فريضة على كل مسلم yang artinya “Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap muslim”.

Itu hadits tentu terkait dengan ilmu secara umum baik ilmu agama (syariah, aqidah, ibadah, akhlak, dll.) atau ilmu umum (akademik, ekonomi, sosial, politik, budaya dll.). Meski dalam hal skala prioritas masing-masing kita berbeda tetapi secara ammah dalam kacamata kita sebagai muslim atau sebagai hamba Allah, maka ilmu yang terkait dengan agama atau syariah memiliki derajatnya tersendiri atau kita mengenalnya dengan wajib ‘ain.

Terlebih dengan ilmu agama yang terkait denga Al-Qur’an, maka kita mengetahui bagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Kahfi (18) ayat 109, Allah berfirman:

Katakanlah (Muhammad), “Seandainya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, maka pasti habislah lautan itu sebelum selesai (penulisan) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula).”

Sebelum ayat di atas ada ayat sebelumnya lagi yaitu masih dalam surat Al-Kahfi ayat 49 Allah juga berfirman:

Dan diletakkanlah kitab (catatan amal), lalu engkau akan melihat orang yang berdosa merasa ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata, “Betapa celaka kami, kitab apakah ini, tidak ada yang tertinggal, yang kecil dan yang besar melainkan tercatat semuanya,” dan mereka dapati (semua) apa yang telah mereka kerjakan (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menzhalimi seorang jua pun.

Untuk itu maka untuk menjaga kualitas pengajaran Al-Qur’an semua guru Al-Qur’an (Tahsin dan Tahfidz) selalu diberikan peningkatan ilmu baik tentang metodologinya maupun tentang isi kandungannya lewat PJ. Al-Quran unit dan Manajer Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an LPIT Thariq Bin Ziyad.

Maka pada pelatihan hari ini, Selasa 8 Maret 2022 bertempat di Aula lantai 3 SDIT Thariq Bin Ziyad, para guru Al-Qur’an, baik yang berasal dari guru internal maupun eksternal sekolah ikut serta dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Tujuan dari pelatihan tersebut anatra lain menjaga dan meningkatkan pemahaman guru serta meningktkan skill terhadap materi yang terkait dengan level ghorib, tadarus dan tajwid.

Acara pelatihan diisi oleh manajer Pembinaan Al-Quran yaitu Ustadz Efendi Lc dan dibuka oleh PJ Al-Quran unit SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya yaitu Ustadz Sholihin Efendi Lc. [DM]

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR